Blog 87paz | About Us | Contact | Register | Sign In

Senin, 04 Juni 2012

Persiba Wajib Menang Besar

Hans Peter Schaller Direktur Teknik tim Persiba Balikpapan berharap kepada para pemainnya untuk kembali bangkit dan melupakan hasil buruk sebelumya ketika takluk dari Sriwijaya FC di laga Jumat (1/6) lalu.

Kembalinya kepercayaan diri I Made Wirawan dkk, menjadi modal bagi Beruang Madu-julukan Persiba-ketika mereka harus kembali melakoni laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2011-2012 dengan menjamu Persiram Raja Ampat, Senin (4/6) sore ini di Stadion Persiba. Persiba pun harus menang besar, membalas kekalahan saat menjamu Sriwijaya FC.

“Kami sudah melupakan kekalahan sebelumnya. Sekarang saatnya pemain kami bangkit untuk merebut kemenangan atas Persiram. Saya pikir kembalinya kepercayaan diri pemain akan sangat berpengaruh pada pertandingan besok (hari ini,Red.) dan itu harus,” tegas Schaller.

Belajar dari kekalahan kandang perdana bagi Schaller tersebut, pria asal Austria ini mengaku sudah mencoba melakukan evaluasi dalam tubuh timnya untuk tidak tampil di bawah performa terbaik.

“Kami siapkan pemain yang lebih fresh, mereka harus tampil dengan konsentrasi penuh sepanjang laga. Saya tidak mau lihat pemain hilang konsentrasi baik fisik maupun pikiran karena itu bisa jadi bumerang. Termasuk lini belakang saya sudah instruksikan harus lebih disiplin dan mau berkomunikasi,” terangnya.

Meski Schaller buta dengan calon lawannya sore ini, tim Dewa Laut-julukan Persiram Raja Ampat, tidak bisa dianggap remeh. Sebagai juru kunci klasemen sementara, kata Schaller tentunya akan menjadi senjata bagi Persiram untuk dapat meraih hasil positif dari Persiba.

“Bagaimana pun posisi lawan, kami harus tetap waspada. Persiram akan termotivasi untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen, untuk itu melawan Persiba mereka akan sangat termotivasi. Nah, inilah mengapa saya tidak mau pemain meremehkan siapapun lawan karena itu bisa jadi bumerang,” tegas mantan pelatih Red Bull, Ghana ini.

Hanya saja meski Beruang Madu berusaha bangkit dengan kembalinya kepercayaan diri mereka, Schaller tampaknya dipusingkan dengan komposisi timnya untuk bisa mewujudkan kemenangan. Alasannya, menjamu Persiram, tim tuan rumah terancam timpang.

Hingga sehari jelang laga, dari laporan kepala tim medis Persiba dr Ratih Kusuma, Tomislav Labudovic dan Supriyadi belum fit seratus persen. “Keduanya belum fit seratus persen. Sedangkan Esteban sendiri masih akan kita tunggu hingga besok (hari ini, Red.),” ucap Ratih.


Dengan kemungkinan besar absennya Tomislav dan Supriyadi serta Esteban yang masih tanda Tanya, memaksa Shcaller melakukan rotasi beberapa pemainnya. Untunglah hal tersebut sudah diantisipasi pasca kekalahan lalu.

“Jika beberapa pemain harus absen, seperti Tomislav dan Supriyadi, sudah disiapkan pemain lainnya. Saya tidak mau pemain tampil tidak maksimal, karena itu lebih baik saya harus melakukan rotasi dan butuh pemain yang lebih fresh,” tegas Schaller yang kembali akan memasang formasi 4-4-2 untuk menundukkan Persiram.

Sementara itu, jika dilihat dari klasemen sementara ISL, tim Beruang Madu nampaknya tidak akan mengalami kesulitan berarti. Persiba nangkring di peringkat enam, sementara musuhnya menghuni juru kunci.

Terlebih mengingat kondisi internal tim tim Dewa Laut, dimana mereka baru saja meminggirkan pelatih Bambang Nurdiansyah, serta ditinggalkan Okto Maniani, untuk membela timnas, tapi hal tersebut bukan alasan bagi tim asal Papua untuk kalah begitu saja dari tuan rumah.


“Kami memang berada di dasar klasemen, tapi itu bukan ukuran kami untuk kalah dari Persiba. Seperti tim-tim lain termasuk Persidafon dan Sriwijaya FC yang bisa menang di sini, demikian pula dengan kami yang sudah pasti ingin pula menang atas Persiba meski dikandang mereka,” tegas Yopie Rayar, arsitek Persiram.

Poin di kandang Persiba kata Yopie memang sangat diharapkan pemainnya. Hal itu merupakan upaya tim Dewa Laut untuk bisa lolos dari jeratan degradasi “Karena itu semua pemain kami sangat termotivasi dan mereka sudah siap menghadapi Persiba. Meski berat, kami optimis dengan hasil pertandingan besok (hari ini, Red.),” tandas Yopie yang mantan punggawa Persiba ini.

Perkiraan Pemain

Persiba (4-4-2) :
15- I Made Wirawan, 5-Absor Fauzi, 77-Rahmat Latief, 39-Heri Susilo, 2-Dwi Joko, 18-Shohei Matsunaga, 7-Esteban Guillen, 8-Ahmad Sembiring, 22-Sultan Samma, 17-Aldo Barreto, 9-Kenji Adachihara


Cadangan:
1-Yanuar Tri Firmanda, 5-Absor Fauzi, 13-Syaeful Lewenusa, 39-Heri Susilo, 6-Asri Akbar, 23- M Bahtiar, 24-Eki Nurhakim

Direktur Teknik: Hans Peter Schaller

Persiram (3-5-2):

77- Ari Kurniawan, 2-Frans Freno Sauyai, 3-Stevanus Hendambo, 8-Kubay Quaiyan, 7- Gideon V Way. 30-Anderson Da Silva, 14-Asmad, 32-Tomoyuki Sakai, 10-You Wook Jin, 89-Nasution Karobaba, 5-Jean Buomsong


Cadangan :
30-Korneles Budam, 5-Aidin Elmi , , 12-Joan Darome, 22- Saanun Alqodry, 17-Alizaer Thoncy Elthon maran , 18-Kristian Uron, 19-Marthen Tao

Pelatih : Yopie Rayar

Posting Komentar

sport.detik

finance.detik

otomotif.detik

food.detik

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Liga Inggris

Liga Spanyol